bakti orang tua
Artikel,  Inspirasi,  Seputar Hukum

5 Cara Berbakti pada Orang Tua Setelah Menikah

Sehebat apapun kita, sekaya apapun kita, sesukses apapun kita, takkan sanggup untuk membalas jasa orang tua. Meski demikian, tidak serta merta kita enggan untuk berbakti kepada mereka. Saat masih single, kesempatan berbakti kepada orang tua lebih besar. Setelah menikah, fokus hidup kita pasti lebih besar untuk istri dan anak. Tapi, berbakti kepada orang tua setelah menikah adalah hal wajib yang tak boleh ditinggalkan.

Lalu, bagaimana cara berbakti kepada orang tua setelah menikah? Simak tips berikut, ya!

Bangun Komitmen dengan Pasangan

oemahmanten.id
ilustrasi.

Baik masih tinggal bersama orang tua, atau sudah hidup terpisah dengan mereka, membangun komitmen di awal pernikahan dengan pasangan adalah hal yang mutlak. Buatlah komitmen dengan pasangan untuk membuat agenda rutin, atau kegiatan rutin untuk menghabiskan waktu bersama orang tua. Misal satu bulan sekali memberikan sesuatu, dua bulan sekali mengajak mereka berwisata, atau tiga bulan sekali menghabiskan waktu dengan menginap di rumah mereka.

baca juga: Bibit, Bebet, dan Bobot di Era Milenial

Menjaga Komunikasi dengan Orang Tua

Menjaga komunikasi adalah hal wajib dalam berbakti kepada orang tua. Merawat hubungan dengan mereka bukanlah soal tinggal bersama atau terpisah dengan mereka. Ada pasangan suami-istri, yang meskipun masih tinggal bersama dengan orang tua, tapi tidak menjalin komunikasi dengan mereka. Ini bisa jadi disebabkan karena kesibukan atau hal lain. Jadi, menjaga komunikasi penting dilakukan agar orang tua tidak merasa diabaikan dalam kehidupan anak-anaknya setelah menikah.

Ajak Pasangan dan Saudaramu Berkunjung

Tak ada yang lebih membahagiakan orang tua selain melihat anak-anaknya hidup rukun dan bahagia. Mengajak kakak dan adik kita yang sudah berkeluarga untuk bersama-sama mengunjungi orang tua akan mendatangkan kebahagiaan mereka. Berkumpul bersama keluarga besar biasanya dilakukan hanya pada Hari Raya. Jika ada waktu selain hari itu yang memungkinkan keluarga besar berkumpul, cobalah untuk melakukannya. Jika tidak memungkinkan, maka cukup ajak pasangan dan anak-anak saja untuk mengunjungi rumah orang tua.

Minta Saran dan Masukan

Untuk poin ini, kita harus jeli memilah, ya! Walaupun kita sudah dewasa dan berumah tangga, tidak ada salahnya untuk tetap meminta pendapat orangtua saat ada masalah. Meminta saran dan masukan kepada mereka bukan berarti kita tidak mandiri. Bagaimana pun juga, bapak dan ibu kita telah menjalani kehidupan pernikahan lebih dulu dan punya lebih banyak pengalaman hidup. Jadi, saran dan masukan dari mereka akan sangat membantu menyelesaikan masalah kita. 

Namun tetap ingat untuk memilah dulu mana masalah yang boleh diceritakan dan mana yang cukup disimpan sendiri saja. Sebab menjaga aib pasangan itu wajib hukumnya. Selain itu, jangan sampai karena mendengar masalah kita, orang tua malah kepikiran dan menjadi beban mereka.

Ingat Masa Kecil dan Doakan Mereka

person reading book on brown textile

Mengingat kehidupan kita di masa kecil adalah salah satu upaya berbakti kepada orang tua. Dengan itu, kita tidak akan melupakan bagaimana orang tua bersusah-payah mendidik kita. Ingatlah momen-momen penting ketika peran orang tua sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Setelah itu, berdoalah dan mohon ampunan untuk mereka. Doakan kehidupan mereka berjalan dengan baik, selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam segala urusan.

Itulah lima cara agar kita bisa berbakti kepada orang tua, ya!. Orang tua adalah salah satu kunci dalam kehidupan kita. Jadi, selalu berbuat baiklah kepada mereka. Sesibuk apapun pekerjaan kita, selalu upayakan ada waktu khusus untuk mereka.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami