Artikel

5 Momen Penting dalam Hidup yang Jadi Ringan dengan Menabung

Momentum penting dalam hidup terkadang menguras banyak hal, materi, tenaga, dan waktu. Namun, dengan konsep menabung, semua momentum tersebut bisa tercapai dengan baik. Dengan prinsip gemar menabung sejak dini, besarnya materi yang dikeluarkan bisa diatasi. Selain itu, banyak tips menabung yang ditulis dan dibagikan oleh para praktisi. Tentu itu memudahkan kita yang hendak mulai membuka tabungan.

Berikut kami rangkup momentum dalam hidup yang menjadi ringan dengan tabungan. Apa saja ya?

Menikah

Menikah tentu saja merupakan momentum penting dalam hidup setiap orang. Melaksanakan pernikahan yang berkesan tentu tidak bisa dilakukan dengan sekejap mata. Butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Menabung untuk pernikahan bisa dilakukan meski kita belum punya pasangan. Ingat, jangan terlalu mengandalkan orang tua untuk biaya pernikahan. Meski orang tua punya banyak harta, tapi mempunyai tabungan pernikahan kita sendiri adalah wujud kemandirian dan keseriusan.

baca juga: Tips Menyiapkan Tabungan Pernikahan

Persalinan

Salah satu tabungan yang sudah jelas waktu penarikannya yaitu tabungan untuk persalinan. Tabungan persalinan digunakan ketika seorang ibu melahirkan nanti. Tabungan bisa dipersiapkan sedini mungkin sejak hari-hari awal menikah. Atau juga bisa dilakukan begitu mengetahui ada tanda-tanda kehamilan.

Oya, meski nanti biaya persalinan nol rupiah alias sudah ditanggung asuransi kesehatan, tak ada salahnya untuk menyiapkan jenis tabungan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika nanti tak jadi untuk biaya persalinan, tak jadi soal. Masih ada kebutuhan lain setelah persalinan seperti untuk menggelar syukuran kelahiran atau untuk perawatan bayi baru lahir.

Membeli/ Membangun Rumah

Memiliki rumah atau tempat tinggal sendiri adalah keinginan setiap orang. Hampir semua pasangan pengantin baru menginginkan tempat tinggal yang terpisah dengan rumah orang tua maupun rumah mertua. Selain karena privasi, rumah sendiri juga merupakan wujud kemandirian dan upaya untuk tidak selalu menjadi beban orang tua.

Tabungan untuk membeli rumah baru kini sudah menjadi program banyak bank. Tentu saja, harus pilih yang sesuai dengan kondisi keuangan dan keinginan kita, ya. Cari berbagai referensi tentang tabungan-tabungan tersebut agar kita tidak salah pilih.

Tabungan rumah juga bisa kita persiapkan mandiri jika kita berencana membangun rumah sendiri. Skala prioritas dan kesadaran penting menjadi komitmen agar program ini bisa berjalan baik. Perhatikan juga kebutuhan keluarga yang lain agar tidak ada pos anggaran yang berat sebelah.

Naik Haji

Bagi setiap muslim, menjadi tamu di rumah Allah adalah sebuah pencapaian tertinggi. Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial, diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji. Karena ini, banyak bank konvensional, maupun bank syariah, atau bahkan biro-biro khusus yang menyediakan layanan tabungan haji.

Ada beberapa program yang tak mengenal batas waktu, alias suka-suka. Untuk mendapatkan kuota pendaftaran keberangkatan haji, dana yang harus disetorkan lewat Kementerian Agama minimal Rp 25 juta. Namun, untuk mencapai angka Rp 25 juta di tabungan, tidak dibatasi. Artinya, itu tergantung seberapa besar dan sering kita menyimpan uang di tabungan haji. Poin ini sebaiknya menjadi perhatian kita.

Jika kita serius untuk membuka tabungan haji, tentu kita juga serius untuk menyimpan uang dengan tujuan untuk berangkat ke Makkah. Maka, perlu target pribadi, misalnya dalam kurun dua tahun, atau lima tahun, jumlah tabungan kita sudah pada angka Rp 25 juta untuk bisa mendapatkan kuota pemberangkatan haji.

Sekolah

Tabungan sekolah sudah dikenal sejak dulu. Biasanya pihak sekolah, dari jenjang TK sudah mengenalkan program tabungan ini sejak awal masuk sekolah. Kini, banyak penyedia layanan tabungan sekolah. Lingkup kecil keluarga juga sudah mulai merencanakan tabungan ini mengingat biaya pengeluaran anak untuk sekolah tidak kecil.

Kini, banyak bank konvensional maupun lembaga keuangan lain yang membuka program tabungan pendidikan. Jika tertarik mengikuti program, harap cermati baik-baik ya syarat dan ketentuannya. Sesuaikan dengan kondisi dan keinginan kita.

Itulah beberapa momentum penting yang bisa jadi ringan dengan menabung. Intinya, menabung harus menjadi kesadaran setiap orang. Sepakat, ya…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami