Artikel

Gelar Pesta Pernikahan di Rumah? Ini Tipsnya…

Jangan Sampai Ada “Tahu Bulat” Ya…

Menggelar pesta pernikahan di rumah kerap menjadi pilihan utama calon pengantin. Selain menghemat biaya, menggelar pesta pernikahan di rumah dinilai punya banyak keuntungan. Misalnya menciptakan suasana guyup dalam keluarga, dan memudahkan dalam mengatur waktu. Jika di pernikahan digelar di ballroom hotel atau gedung, pengaturan waktu lebih ketat karena dibatasi jam sewa venue. Sedangkan jika digelar di rumah, penentuan waktu lebih fleksibel.

Meski demikian, pesta pernikahan di rumah juga harus disiapkan dengan matang agar berjalan sesuai harapan. Berikut kami sajikan sejumlah tips menggelar pesta pernikahan di rumah. Catat baik-baik, ya!

Jangan Sampai Ada Istilah “Tahu Bulat”

Istilah “tahu bulat” merujuk pada semua hal yang berbau dadakan. Jadi, tak boleh ada hal-hal yang bersifat dadakan dalam persiapan pernikahan. Semua detail persiapan pernikahan harus dipikirkan dengan matang. Meskipun kita bisa bebas menentukan tanggal resepsi, bukan berarti kita boleh menggelar pesta pernikahan secara mendadak. Pastikan untuk mempersiapkan seluruh rangkaian pesta pernikahan sejak jauh-jauh hari.

Persiapan dari jauh-jauh hari tidak hanya sekadar untuk mempersiapkanĀ tata rias, venue, dekorasi, kartu undangan, atau suvenir saja. Kita juga harus menyempatkan waktu untuk melakukan tes kesehatan, hingga mengikuti bimbingan pranikah.

https://oemahmanten.id/jangan-tabu-ya-bahas-malam-pertama-begini-tuntunannya/

Pikirkan jumlah tamu undangan

Jumlah tamu undangan dalam pesta pernikahan di rumah harus kita pikirkan. Kalkulasikan jumlah tersebut dengan ketersediaan ruangan untuk menjamu tamu di rumah kita. Karena lahan terbatas, tentukan skala prioritas tamu undangan. Atau jika memungkinkan, bagi saja waktu kedatangan mereka. Misalnya, tamu rekan kantor pada pukul sekian. Tamu rekan sekampung pada pukul sekian. Atau bisa saja di hari yang berbeda.

Jadi jangan sampai ada tamu yang tidak kebagian tempat sehingga membuat mereka tidak nyaman. Bagaimanapun, tamu tetap raja yang harus dihormati dengan baik.

Pilih dekorasi yang tepat

Sesuaikan kondisi di rumah kita dengan model dekorasi yang tepat. Ingat, kita harus mempertimbangkan luas lahan di rumah. Hindari memilih dekorasi pernikahan yang terlalu besar. Karena akan menyebabkan spot pernikahan lain terasa sempit.

Kalau halaman rumah kita luas, itu tak jadi soal. Atau bahkan jika kita punya halaman belakang yang cukup luas, tidak ada salahnya memilih dekorasi pernikahan ala garden party. Didominasi dengan warna hijau dan bunga-bunga putih yang cantik, membuat suasana pernikahan menjadi lebih elegan. 

Tak Perlu Memaksakan Ada Potobooth

Potobooth merupakan spot untuk memanjakan para tamu undangan. Meski demikian, jika lahan rumah kita tidak memungkinkan untuk itu, maka tak perlu dipaksakan. Manfaatkan spot di wedding gate untuk membuat tamu undangan punya kesan pertama yang baik saat memasuki venue rumah kita.

Cari fotografer dan pengisi acara

Kita juga harus mencari fotografer profesional untuk mengabadikan momen pesta pernikahan dari awal hingga akhir. Saat ini sudah banyak jasa wedding photographer yang bisa dipilih. Kita hanya perlu menyesuaikan dengan budget dan gaya memotretnya, agar sesuai dengan konsep pernikahan yang dipilih.

Selain mencari jasa fotografer profesional, tips menggelar pesta pernikahan di rumah agar berlangsung lancar dan meriah adalah memilih MC dan pengisi acara yang tepat. Jangan sampai, suasana pernikahan terasa sepi dan membosankan karena tak ada pengisi acara, ya!

Sajikan makanan yang lezat

Saat menggelar pesta pernikahan, katering memiliki peran yang paling krusial. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jasa katering yang tepat, terpercaya, dan memiliki olahan masakan yang lezat.

Kemudian, sediakan berbagai macam menu makanan agar tamu undangan dapat memilih makanan sesuai selera. Satu tips yang tidak kalah penting agar pesta pernikahan berjalan lancar adalah memesan porsi makanan 2-3 kali dari jumlah tamu undangan. Sebab, para tamu undangan biasanya tidak datang sendiri, biasanya datang bersama pasangan atau pun anak-anak.

Itulah beberapa tips menggelar pesta pernikahan di rumah. Tak begitu sulit, kan?

Semoga pesta pernikahanmu berjalan dengan lancar, ya..!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami