kado pernikahan
Artikel,  Lain-Lain,  Pernak-Pernik

8 Inspirasi Kado Pernikahan Unik dan Bermanfaat

Memberikan kado pernikahan untuk teman kita yang hendak menikah merupakan wujud kasih sayang. Sebagai teman, ikut merasakan kebahagiaan mereka tentu menjadi keharusan. Kado untuk mereka adalah hadiah dari persahabatan. Dalam hubungan antarsesama, memang dianjurkan untuk saling memberi hadiah. Sebab, hadiah merupakan sarana yang dapat menyebabkan keakraban, mendamaikan dan menghilangkan kabut hati. 

Nah, meski tak seribet mereka yang sedang mempersiapkan hari pernikahan, terkadang menyiapkan kado untuk mereka juga kerap membuat kita bingung. Kado pernikahan yang tepat adalah yang membawa manfaat bagi mereka setelah menikah. Jadi, jangan sampai kado yang kita berikan hanya sebatas benda mati yang hanya dikenang sebentar dan tidak membawa faedah apa-apa ya.

Berikut ini kami rangkum 8 inspirasi kado pernikahan yang unik dan bermanfaat. Semua benda tersebut mudah diperoleh dan kekinian sehingga bisa membawa kesan tersendiri. Simak baik-baik ya!

Kaos Couple

foto by: Kaos Galgil for Oemahmanten.id

Pasangan pengantin baru biasanya bahagia banget jika segala sesuatunya bisa couple-an. Pergi kemana-mana selalu mengenakan hal-hal yang berbau sama dengan pasangan. Jam tangan couple, sepatu samaan, helm sewarna, bahkan mungkin warna kaos kaki juga serupa. Seolah-olah ingin menunjukkan kepada dunia, “Woiiiii, ini kita nih, pengantin baru. Pasangan baru!!”

Nah, dari sekian banyak benda couple, kaos couple menempati rangking paling atas berdasarkan survei orang-orang terdekat. Alasannya?

Pertama, industri konveksi terus berinovasi dengan menciptakan bahan dan model kaos yang kekinian dan nyaman dipakai. Kedua, saat ini banyak industri kaos yang membuka layanan desain suka-suka. Jadi, kaos couple bisa didesain sesuai dengan keinginan. Tapi ingat, kalau buat kado pernikahan, sesuaikan desain kaos dengan kondisi pasangan pengantin ya. Sekali lagi, ingat! desain untuk pasangan pengantin, bukan untuk kita sendiri!

Alasan ketiga, kaos custom desain suka-suka bisa dipesan satuan. Biasanya setiap konveksi mengharuskan batas minimal pemesanan produk, misalnya minimal satu lusin. Tapi di beberapa konveksi, pembelian dan pemesanan satuan juga dilayani dengan baik.

Keempat, saat ini bermunculan industri konveksi kaos lokal yang menonjolkan karakter kedaerahan masing-masing. Ini penting sekali untuk menyampaikan keunikan dan kearifan lokal sebagai wujud mencintai produk dalam negeri. Sepakat?

Jam Tangan Kayu

foto by Woba Craft for Oemahmanten.id

Jika kamu bukan pejabat, atau anaknya pejabat, atau tetangganya konglomerat, maka tidak direkomendasikan untuk memberikan hadiah pernikahan berupa jam tangan asli buatan negara dimana Sungai Aare berada. Tahu kan maksudnya?

Sebagai gantinya, kita rekomendasikan jam tangan berbahan kayu sebagai kado unik pernikahan. Sudah sering dengar kan ada jam tangan berbahan kayu? Kalau belum, silakan tanya di mesin pencari. Ada banyak produk jam tangan kayu dari berbagai kota di Indonesia. Salah satunya berasal dari Tegal, Jawa Tengah.

Tas Kayu

foto by Woba Craft for Oemahmanten.id

Pasangan pengantin baru biasanya suka jalan-jalan. Nah di sinilah pentingnya tas unik dan keren. Selain sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda kecil saat bepergian, tas unik dan keren juga berfungsi sebagai penunjang gaya kekinian anak muda.

Pengusaha di sejumlah daerah di Indonesia memproduksi jenis tas ini. Bahannya beragam, antara lain kayu mindi, mahoni, akasia, juga sonokeling. Kekuatan kayu dan warna dasar dari kayu-kayu tersebut menjadi alasan mengapa kayu ini digunakan. Seratnya pun membuat tas-tas ini menjadi lebih cantik dan khas. Tas kayu biasanya dibuat handmade oleh pengrajin kayu lokal.

Jam Dinding Keren

Ada yang pernah baca pusi eyang sastrawan kita Sapardi Djoko Damono berjudul “Yang Fana Adalah Waktu, Kita Abadi”?

Yang fana adalah waktu. Kita abadi: 
memungut detik demi detik, merangkainya seperti bunga 
sampai pada suatu hari 
kita lupa untuk apa. 

"Tapi, 
yang fana adalah waktu, bukan?" 
tanyamu. Kita abadi.

Jadi, bukan bermaksud menyamakan puisi tersebut dengan jam dinding, ya!. Tapi, ini lebih pada penanda tentang “kita”. Pasangan baru mau tak mau harus punya benda-benda yang menunjukkan “tentang kita”. Dan jam dinding, meski kerap dianggap sepele, biasanya akan menunjukkan -ketentang-kitaan- relatif lebih lama jika dibandingkan dengan benda-benda lain.

Selain itu, percaya atau tidak, jika sebuah jam dinding, jika dia sudah dipercaya menempati sudut di suatu tempat/ruangan/rumah, maka usianya akan lebih lama dari umur penghuninya. Sang pemilik biasanya hanya akan mengganti batu baterainya saja jika habis. Lalu, kembali meletakkannya di tempat semula. Jadi, jam dinding tidak hanya soal penanda waktu.

So, tak ada salahnya memberikan hadiah kepada pengantin baru berupa sebuah jam dinding yang keren. Ada buanyak sekali model dan jenis jam dinding saat ini. Sesuaikan dengan karakter orang yang akan kita beri hadiah, ya.

Peralatan Dapur

Salah satu sudut rumah yang akan memicu kebersamaan dengan pasangan adalah dapur. Alasannya, istri baru selalu akan berusaha menyiapkan makanan untuk suami. Pada awal-awal pernikahan, seorang istri pasti akan memberikan yang terbaik kepada suaminya. Atau justru ingin menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang pandai memasak. Kedua, seorang suami juga terkadang tidak hanya ingin dimanja dengan hanya menikmati makanan. Seorang suami juga ingin terlihat sangat perhatian kepada istri dengan ikut terjun ke dapur.

Nah, momentum kebersamaan itu tentu butuh benda yang bernama peralatan dapur. Inilah momentum buat kalian untuk mendapatkan pahala jariyah dengan memberikan kado pernikahan berupa peralatan dapur untuk mereka. Ingat, pertimbangkan kondisi pengantin ya. Carilah peralatan dapur yang sekiranya bermanfaat untuk mereka.

baca juga: 5 Alasan Harus Tinggal Terpisah dengan Ortu setelah Menikah

Bed Cover

Bed cover adalah barang wajib bagi pengantin baru. Meski mereka belum menempati rumah baru, tapi tidur dengan alas kain baru adalah keniscayaan. Selain memberikan suasana yang berbeda, bed cover yang baru juga memberikan kenyamanan tersendiri. Dan, percayalah, jika ada 100 tamu undangan yang memberikan kado pernikahan berupa 100 bed cover, kain bermotif alas tempat tidur itu tidak akan sia-sia bagi pengantin baru. Percaya? nanti buktikan sendiri ya kalau kalian sudah resmi jadi pengantin baru dan mendapat banyak kado berupa bed cover.

Buku

Memberi kado berupa buku memang belum lazim. Padahal, buku juga menjadi jenis kado pernikahan yang unik dan bermanfaat. Buku bisa menjadi pedoman sahabatmu dan pasangan hidupnya kala mengarungi bahtera kehidupan bersama. Buku adalah barang berharga yang cocok untuk diberikan sebagai hadiah apapun moment-nya. Dengan memberikan buku berarti kita peduli dan ingin berbagi ilmu kepada sahabat kita.

Tapi ingat, sesuaikan judul buku dengan kondisi pasangan, ya. Selain itu, pastikan bahwa pasangan pengantin punya waktu untuk membaca buku. Atau setidaknya kamu tahu bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu tertarik dengan buku-buku. Jangan sampai bukumu tergeletak tak terbaca.

Tiket Menginap

Honeymoon? Pasti dong. Setelah penat dengan berbagai persiapan dan pelaksaan pernikahan, pengantin baru biasanya meluangkan waktunya untuk beristirahat dan menghabiskan waktu berdua. Di sinilah kamu sebagai sahabat mereka memberikan kado kejutan berupa tiket menginap di tempat-tempat yang istimewa.

Itulah 8 inspirasi kado pernikahan yang unik dan bermanfaat. Jangan lupa, selain sesuaikan dengan kondisi pasangan pengantin, kado pernikahan juga harus disesuaikan dengan isi kantong sendiri. Pilih yang terjangkau dengan dompet kita, ya. Jangan sampai memberatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami