bridesmaid and brides
Artikel,  Konsultasi Pranikah

Hal-Hal Sepele tapi Penting Yang Sering Terlupakan saat Persiapan Pernikahan

Manusia tempatnya salah dan lupa. Apalagi saat mempersiapkan pernikahan yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran. Tak jarang ada beberapa hal yang terlupakan meski kamu sudah 100 persen mencurahkan semuanya demi suksesnya persiapan pernikahan.

Beberapa hal tersebut memang terkesan sepele. Namun jika terlupakan, hal tersebut cukup mengganggu persiapan pernikahan. Agar tidak terjadi pada pernikahan kamu, inilah 5 hal yang sering dilupakan oleh para calon pengantin dalam persiapan pernikahan. Simak baik-baik, ya!

Wedding Preparation: Don’t Forget to Have A Breakfast!

two fried eggs on skillet

Bagi calon pengantin perempuan, sarapan seringkali terlewatkan. Calon pengantin perempuan biasanya mulai dirias sejak pagi buta. Pasalnya, proses makeup butuh waktu yang lumayan lama. Misalnya jadwal acara ijab kabul dimulai pukul 08.00, maka biasanya tim MUA sudah mulai merias sejak pukul 04.00 WIB.

Lantaran banyaknya acara saat hari pernikahan, sarapan kerap terlupakan. Padahal, sarapan penting untuk menjaga kondisi tubuh pada hari itu. Hal serupa juga biasanya menimpa tim MUA. Mereka belum sarapan karena berangkat merias sejak pagi buta.

Solusinya, tunjuklah satu orang khusus yang bertanggung jawab menyiapkan sarapan. Sempatkan waktu 5-10 menit untuk sarapan di sela proses makeup demi menjaga kesehatan saat hari H pernikahan. Atau bisa juga siapkan makanan camilan berat seperti roti dan susu yang bisa kamu makan di sela proses makeup.

Perizinan dan Doa Restu Tetangga

Perizinan biasanya menjadi kewajiban setiap warga yang akan menggelar hajatan. Pengajuan izin hajatan bisa dilakukan mulai tingkat RT hingga tingkat desa. Setelah mendapatkan surat izin dari pihak berwenang, jangan lupa untuk meminta doa restu, alias izin tak tertulis, atau izin lisan dari tetangga sekitar.

Pelaksanaan hajatan mau tak mau akan membuat mereka terganggu. Misalnya oleh suara soundsystem, maupun lokasi hajatan yang biasanya memakan akses jalan. Pada sebagian masyarakat Jawa, pada malam hari sebelum hari pernikahan, biasanya digelar acara selamatan. Nah, pada acara itulah tetangga sekitar diundang sebagai wujud meminta izin dan dan doa agar pernikahan berjalan lancar.

Lokasi Parkir

dilarang parkir disini sign

Hal ini sering lupa untuk dipertimbangkan oleh calon pengantin. Padahal, kesediaan lapangan parkir khususnya bagi tamu undangan sangat penting. Jangan sampai, para tamu undangan sampai di venue pernikahan kamu dengan keadaan berkeringat karena jarak parkir yang sangat jauh dengan lokasi wedding.

Pengalaman ini akan meninggalkan memori buruk di momen bahagia pernikahan kamu dalam ingatan mereka.

Persiapan Pernikahan Seringkali Melupakan Urusan Playlist Lagu

Salah satu hal penting yang terlihat sepele adalah menentukan playlist lagu di resepsi pernikahan. Calon pengantin biasanya menyerahkan urusan ini kepada vendor musik atau soundsystem. Alhasil, lagu yang diputar adalah lagu-lagu selera mereka. Padahal, ini hari pernikahanmu, lho.

Belum lagi, jika di hari pernikahan kamu, ada lagu patah hati yang terputar. Itu bisa saja terjadi jika kamu tidak melakukan persiapan pernikahan dengan matang. Mengecek playlist yang akan dimainkan selama resepsi bukanlah hal yang buang-buang waktu. 

Saat menyisihkan waktu untuk persiapan pernikahan yang satu ini, kamu bisa melihat lagu mana yang layak dan tidak layak diputar dalam hari terpenting kamu. Dengan begitu, kamu bisa tenang tersenyum lebar menyambut tamu tanpa harus deg-degan jika mendengar lagu yang sedang terputar. 

Mobil Pengantin dan Keluarga

Mobil pengantin biasanya sudah disiapkan. Namun, untuk siapa saja yang akan menjemput pengantin pria, maupun nanti yang akan mendampingi pengantin, biasanya kerap tak disiapkan dengan baik. Juga berlaku untuk mobil keluarga.

Sering ada cerita saat pernikahan di venue gedung, atau pun saat acara mengantar pengantin, ada saudara atau kerabat pengantin yang tertinggal di rumah lantaran tak kebagian mobil. Alhasil, acara pun harus diundur untuk menunggu kedatangan para saudara yang tertinggal ini.

Ingat lho, kalau lalu lintas sedang sibuk, jalanan macet, hal-hal seperti ini bisa membuat acara kamu terlambat cukup lama. Solusinya, akan lebih baik jika kamu membuat list yang berisi daftar penumpang di setiap mobil. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin bahwa tidak akan ada yang tertinggal!

Hadiah untuk Bridesmaid

MUA: Aini Oemah Manten. Foto: Furqonmotret

Hal sepele yang kerap terlupakan untuk disiapkan yaitu kado atau suvenir khusus untuk bridesmaid. Tidak hanya sebatas gaun seragam, tapi juga berilah mereka suvenir khusus agar lebih berkesan dan menyentuh sebagai tanda terima kasih bagi mereka yang sudah membantumu di hari pernikahanmu.

Baca juga: Inspirasi Kado Pernikahan Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami