malam pertama pernikahan adalah
Artikel,  MUA,  Wedding Service

Konsep Gaun Pengantin Melayu: Simpel, Sopan, dan Tetap Elegan

Memilih konsep pernikahan memang bukan perkara mudah. Selain harus menyesuaikan busana maupun dekorasi sesuai tema, kamu juga perlu membicarakannya dengan calon pasangan dan juga keluarganya. Apalagi, saat ini banyak tema pernikahan yang bisa dipilih, mulai dari konsep glamor atau mewah, shabby, tema adat, hingga sederhana.

Jika kamu lebih menyukai konsep yang sederhana dan simpel tanpa meninggalkan kesan mewah, konsep Melayu bisa menjadi alternatif. Pilihan gaun pengantin Melayu pun punya ciri khas sendiri, yaitu menonjolkan keanggunan dan kesopanannya tanpa banyak aksesoris di sana-sini. Meski begitu, penampilanmu sebagai pengantin di hari itu tak akan pudar, justru malah lebih menawan.

Berikut kami ulas seputar gaun pengantin Melayu dari berbagai sumber. Simak sampai tuntas, ya.

Henna Pengantin Melayu

person with brown mehndi tattoo holding white rose flowers

Dalam proses persiapan, jangan lupa untuk mengenakan hena pada tangan. Menjadi pengantin Melayu berarti juga harus mengenakan henna sebagai hiasan pada punggung tangan. Hal ini sebagai tanda bahwa kamu baru saja melangsungkan pernikahan. Henna juga melambangkan kegembiraan, keindahan, kebangkitan spiritual, dan persembahan. Menandakan kemakmuran yang akan dibawa pengantin wanita kepada suaminya. Henna lebih dari sekadar ekspresi artistik.

Simpel Hijab

pengantin melayu
MUA: Aini Oemah Manten. Foto: JM Photo12

Pengantin Melayu muslim sangat simpel dalam mengenakan hijab. Tidak perlu dililit berkali-kali, bahkan cukup mengenakannya seperti sehari-hari. Justru dari kesederhanaan itulah berbuah keanggunan.

Hiasan Kepala untuk Pengantin Pria

Untuk pengantin pria, pakaian Melayu biasanya dilengkapi dengan hiasan di kepala bernama Tanjak atau Tengkolok yang dibuat dari kain songket yang dililit. Ini merupakan lambang kewibawaan laki-laki.

Veil sebagai Pemanis

Sebagai asesoris tambahan, kamu bisa menggunakan mahkota untuk mempercantik penampilan dan sebagai hiasan kerudung. Bisa juga menambahkan veil sebagai pemanis penampilan sekaligus tambahan aksesoris pada kerudung yang kamu kenakan.

Putih untuk Ijab Kabul

Warna putih ini bisa kamu kenakan sebagai pakaian saat prosesi ijab kabul. Gaun pengantin Melayu kebanyakan berbentuk mengecil ke bawah, seperti rok span. Selain mahkota, kamu juga bisa menambahkan headpiece sebagai asesoris pada kerudung, biar terlihat lebih menarik.

Kombinasikan

Selanjutnya, kamu bisa juga menggabungkan dua budaya, antara Jawa dan Melayu sehingga menjadi perpaduan yang menarik.  Terakhir, kamu juga bisa memadupadankan gaun pengantin Melayu dengan pengantin pria yang mengenakan jas.

Nah, demikian beberapa ulasan konsep gaun pengantin Melayu. Bagaimana? sudah ada gambaran tentang konsep pernikahanmu?

baca juga: Intimate, Konsep Wedding yang Penuh Keintiman dan Kehangatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami