memilih suami
Artikel,  Konsultasi Pranikah

Kriteria Memilih Calon Suami dalam Islam

Setiap orang pasti mengharapkan pasangan yang ideal untuk kelanggengan kehidupan berumahtangga. Karena itu, kecocokan di antara pasangan menjadi penentu harmonisnya kehidupan rumah tangga. itu dimulai sejak awal ketika memilih calon suami.

Dalam Buku Pintar Pernikahan karya Abu Sahla dan Nurul Nazara, telah dirangkum sejumlah dalil dan pendapat ulama tentang bagaimana kriteria memilih calon suami. Simak ulasan lengkapnya, ya!

Berilmu dan Berakhlak Mulia

Menurut Islam, masa depan kehidupan suami-istri erat kaitannya dengan memilih suami. Maka dianjurkan memilih calon suami yang berakhlak mulia, saleh dan taat beragama. Dasar takwa dan akhlak menjadi pertimbangan utama dalam kriteria ini. Poin ini otomatis menasehatkan agar tidak menjadikan kekurangan harta sebagai celaan, serta tidak menjadikan kekayaan sebagai pujian.

Untuk dapat mengetahui agama dan akhlak calon suami salah satunya mengamati kehidupannya sehari-hari dengan cara bertanya kepada orang terdekat, misalnya tetangga, sahabat, atau saudara dekat. Calon suami yang mempunyai agama dan akhlak yang baik, diharapkan dapat melaksanakan kewajiban secara sempurna dalam membimbing keluarga, menunaikan hak anak-istri, mendidik anak, serta memiliki tanggung jawab dalam menjaga kehormatan keluarga.

Bergaul dengan orang soleh

Teman bergaul dan lingkungan yang baik juga akan sangat mendukung seseorang menjadi lebih baik dan istikamah. Contohnya, dahulu dia adalah seorang yang pemalas. Tetapi karena melihat temannya rajin bekerja dan beribadah di masjid, maka dia pun ikut menjadi rajin bekerja dan beribadah ke masjid.

Rajin bekerja, berusaha, dan bersikap optimis

Hendaklah seorang perempuan memilih laki-laki yang rajin bekerja, dan berusaha serta optimistis karena seorang suami adalah kepala rumah tangga yang berkewajiban menafkahi istri dan anak-anaknya.

Sehat jasmani dan rohani

Kondisi fisik yang sehat dan rohani yang kuat menjadi daya topang utama menjadi suami yang bisa bertanggung jawab terhadap anak dan istrinya.

Selalu berusaha menjadi suami yang ideal

Suami yang ideal adalah suami yang melapangkan nafkah istri dengan tidak bakhil dan tidak berlebih-lebihan. Suami yang memperlakukan istri dengan baik, mesra, lemah-lembut dan bersenda gurau dengan istrinya tanpa berlebih-lebihan.

Demikian kriteria memilih calon suami menurut Islam. Semoga kita bisa mendapatkan calon suami yang seperti itu, ya..

Baca juga: Kriteria Calon Istri dalam Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami