merayakan anniversary pernikahan
Artikel

Lima Alasan Pentingnya Merayakan Anniversary Pernikahan

Merayakan wedding anniversary atau ulang tahun pernikahan memang bukan hal yang wajib dilakukan oleh pasangan suami-istri. Banyak pasangan suami-istri yang melewatkan momentum tersebut lantaran berbagai faktor, misalnya kesibukan pekerjaan, long distance, atau menganggap perayaan tersebut merupakan hal sepele.

Namun demikian, merayakan anniversary pernikahan sebenarnya punya banyak manfaat lho! Simak ulasan berikut tentang lima alasan pentingnya merayakan ulang tahun pernikahan.

Anniversary Pernikahan adalah Wujud Rasa Syukur

Berapapun usia pernikahanmu, ketika kamu mendapati hari di mana kamu dan pasanganmu dulu saling mengikat janji adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Tahun pertama pernikahan pasti banyak ujian dan cobaan yang harus dilalui. Tahun kedua, ketiga, dan seterusnya, pasti mempunyai cerita yang berbeda-beda.

Bersyukurlah karena kamu dan pasanganmu masih tetap berpegangan erat untuk menjalani kehidupan. Rayakanlah karena kamu dan pasanganmu bisa bertahan dan sukses melalui berbagai macam tantangan dalam pernikahan. Jadikan perayaan wedding anniversary sebagai hadiah atau reward untuk pencapaian yang telah kamu lalui bersama dengan belahan jiwamu.

Momentum untuk Refleksi Hubungan

Foto by: Furqonmotret. MUA: Aini Oemah Manten

Tidak ada pasangan yang sempurna. Dan tidak ada juga pernikahan yang sempurna. Oleh karena itu, merayakan anniversary  juga bisa menjadi momen untuk kamu dan pasangan melakukan refleksi hubungan. Kurun waktu yang dilalui pasti dibumbui dengan masalah-masalah, kesalahpahaman, sikap yang tak sepatutnya atau hal-hal yang mengganggu dalam hubungan.  Dengan mengobrol santai berdua secara lebih dekat, kalian bisa mencairkan suasana kaku yang mungkin dirasakan sebelumnya. 

Momen perayaan hari jadi pernikahan ini pun bisa menjadi saat-saat untuk mengenang kembali masa-masa indah kamu dan pasangan. Untuk membangun suasana hangat dan lebih intim untuk bisa saling refleksi hubungan, kamu dan pasangan bisa mencari sebuah lokasi romantis atau mendatangi kembali tempat yang memiliki kenangan indah bagi kalian berdua.

Mulailah obrolan dengan  mengutarakan apa yang dirasakan, kemudian sampaikan pendapat-pendapat kamu mengenai pernikahan kalian. Yang juga penting untuk diingat, jangan hanya menekankan bahasan obrolan pada keluhan, tetapi sampaikan juga apresiasi pada pasanganmu. Ungkapkan juga hal-hal baik yang kamu syukuri dari kehadiran sosoknya, serta harapan kamu untuk hubungan kalian.

Saat yang Tepat untuk Kembali Menyatukan Hati

groom and bridge hand gesture

Jika hubunganmu dengan pasanganmu sedang baik-baik saja, atau sedang sedikit renggang karena sekelumit masalah, maka perayaan anniversary pernikahan bisa menjadi saat yang tepat untuk mempererat hubungan. Apalagi jika kamu dan pasanganmu terlalu sibuk bekerja. Saat anniversary, cobalah ambil cuti dan rayakan anniversary dengan pasanganmu.

Kamu bisa mencoba jalan-jalan keliling kota atau pergi ke lokasi yang romantis. Ini juga bisa menjadi peluangmu untuk semakin menyatukan hatimu dengan pasangan.

Rehat Sejenak untuk Menikmati Rutinitas

Budayawan asal Semarang, Prie GS pernah mengajarkan bagaimana agar seseorang bisa terbiasa dengan rutinitas yang acapkali berujung pada kejenuhan. Caranya, nikmatilah rutinitas itu. Berpikirlah bahwa setiap kamu menghela nafas setiap hari, adalah sebuah rutinitas. Nikmatilah rutinitas itu sebagaimana kamu terbiasa menghirup dan mengeluarkan udara setiap waktu.

Momentum anniversary pernikahan bisa menjadi sebuah amunisi atau bekalmu untuk kembali menjalani kehidupanmu dan pasangan. Ambil waktu sejenak untuk merayakan ulang tahun pernikahanmu, lalu kembalilah dalam hidupmu sebagai kamu yang baru, yang lebih bersemangat menjalani hidupmu bersama pasangan.

Kesempatan untuk Menuliskan Masa Depanmu

Ambil kertas dan pena, tuliskan harapan dan keinginanmu, lalu simpan atau tempelkan di tempat khusus. Buka kembali tulisan-tulisan tersebut di masa yang akan datang. Apa yang sudah kamu capai, apa yang harus kamu perjuangkan lebih gigih.

Momen anniversary ini akan jadi kesempatan yang baik untuk kamu dan pasangan kembali flashback pada tujuan pernikahanmu. Sambil menikmati suasana intim berdua, kamu bisa membicarakan dengan santai sudah sejauh mana kalian menjalani pernikahan. Apakah ada kelemahan yang perlu diperbaiki, dan apa rencana selanjutnya yang ingin dicapai bersama-sama? Dengan begitu, kamu dan pasangan akan diingatkan kembali dengan tujuan kalian menikah dan bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilalui bersama selama pernikahan.

Itulah lima alasan pentingnya merayakan ulang tahun pernikahan. Tapi ingat, perayaan wedding anniversary tidak perlu dilakukan secara berlebihan, atau justru menjadi beban. Banyak cara sederhana tapi tetap mengena pada tujuan perayaan tersebut. Misalnya makan berdua, pergi ke tempat-tempat tertentu, atau sebatas menggelar syukuran kecil dengan memanjatkan doa bersama keluarga di rumah.

Baca juga: Bolehkah Terapkan Konsep Childfree?, Menikah Tapi Tak Ingin Punya Anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami