person in green shirt holding white plastic pack
Artikel,  Tabungan Pernikahan

Tips Menabung untuk Biaya Pernikahan

Bing bing bang, yuk, kita ke bank. Bing bing bung, yuk kita nabung. Tang ting tung, hey, jangan dihitung. Tahu-tahu kita nanti dapat untung.

Orang yang hafal penggalan lagu tersebut dijamin sudah punya anak alias mendekati tua. Pasalnya, sepenggal lirik di atas merupakan lagu anak-anak yang populer pada media 1990-an. Lagu tersebut dinyanyikan oleh seniman legendaris Titiek Puspa dan penyanyi cilik populer saat itu, Saskia dan Geofanny. Jika pada waktu itu mereka berusia anak-anak, maka pada tahun ini mereka sudah pada usia mempunyai anak.

Eits, tunggu dulu, bukan soal umur mereka yang akan kita bahas, ya! Pada artikel kali ini kita akan tips menabung untuk biaya pernikahan. Sejak puluhan tahun lalu, kita memang sudah diajarkan untuk gemar menabung. Apalagi untuk momen besar dan sakral seperti pernikahan. Hampir wajib hukumnya untuk mempersiapkan kebahagiaan kita tersebut.

Berikut kami sajikan tips agar kamu bisa menabung untuk merayakah hari indahmu. Kami ulas detailnya, ya!

Tentukan Anggaran Pernikahan

Kalau kami masih single, sedari awal punya niat untuk menikah, alangkah baiknya punya gambaran terlebih dahulu tentang anggaran pernikahan. Jika sudah punya pasangan, kebersamaan menentukan anggaran juga diperlukan. Jadi, tiap-tiap pasangan punya gambaran awal tentang besarnya anggaran yang dibutuhkan. Sesuaikan juga dengan kondisi keuanganmu. Penentuan anggaran ini bukan soal nominal pasti, tapi lebih pada gambaran kisaran biaya.

Tetapkan Prioritas

Tips berikutnya yaitu dengan menetapkan prioritas. Jika masih sendiri, tanamkan komitmen yang kuat pada diri sendiri untuk rajin menabung. Jika sudah punya pasangan, komitmen bersama berawal dari kesadaran berdua. Bicarakan dengan pasangan untuk mengambil tabungan pernikahan dan pastikan bahwa kalian memiliki tujuan yang sama, yaitu mengumpulkan uang dalam beberapa waktu ke depan untuk menikah, sehingga kebutuhan lain yang sifatnya sama-sama membutuhkan banyak uang, bisa dicegah dan didiskusikan kembali.

Buka Tabungan Khusus

Ketika budget dan tanggal perkiraan menikah sudah ada dalam rencanamu, mulailah menabung. Untuk memastikan tabungan pernikahanmu benar-benar digunakan untuk rayakan hari bahagiamu, mungkin membuat tabungan khusus bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu dan pasangan bisa membuka satu akun yang didedikasikan untuk menyimpan tabungan pernikahanmu.

Selain membuat proses persiapan terasa lebih menyenangkan, kalian sama-sama terlibat untuk mewujudkan pernikahan impian. Langkah ini memudahkanmu untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.

Kini, sejumlah vendor pernikahan juga membuka layanan tabungan pernikahan. Itu cukup meringankan bagi pasangan yang akan menikah. Tapi ingat ya, cari vendor pernikahan yang terpercaya dan punya rekam jejak yang bagus. Pastikan uangmu aman di vendor tersebut.

Tentukan Nominal Tabunganmu

Rutinlah menabung. Mungkin satu bulan sekali, seminggu atau dua minggu sekali, kamu rutin menyisihkan uangmu untuk masuk ke tabungan pernikahan yang sudah kamu persiapkan. Begitu juga pasanganmu. Seberapa sering kalian menabung, pastikan sudah dikomunikasi sejak menentukan budget sehingga persiapan pernikahanmu secara finansial tak berat sebelah.

Jangan Sampai Berhutang

Tips berikutnya yaitu pastikan uang yang kamu gunakan untuk resepsi pernikahan bukan hasil dari berhutang. Kenapa? banyak risiko yang ditimbulkan oleh hutang seperti bunga yang terlalu tinggi maupun faktor lainnya. Karena itu, lebih baik jangan sampai kehidupan rumah tanggamu diawali dengan hasil dari uang pinjaman. Agar tidak sampai meminjam uang untuk biaya pernikahan, sebaiknya untuk membuat acara yang sederhana saja. Tidak perlu gengsi karena kehidupanmu setelah pesta pernikahan jauh lebih penting.

Itulah beberapa tips menabung yang bisa kamu ikuti. Setelah mengetahui manfaat beserta tipsnya, semoga bisa membuatmu semakin semangat menabung untuk biaya pernikahan. Jika sudah siap, kamu juga bisa berkonsultasi tentang tabungan pernikahan dengan tim kami, ya..!

Selamat menabung!

Selanjutnya

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami