Artikel,  Inspirasi

Tips Menabung untuk Jomblo

Meski masih jomblo, bukan berarti tidak mempersiapkan biaya pernikahan sejak dini. Tips menabung untuk jomblo di bawah ini perlu kamu simak baik-baik.

Sebagaimana kita ketahui bahwa biaya menikah tidak bisa dibilang sedikit mengingat banyaknya persiapan yang harus dilakukan. Dari mulai persiapan pranikah, hari pelaksanaan, hingga paska menikah nanti, butuh biaya yang tidak sedikit.

Untuk itu, mempersiapkan biaya pernikahan meski belum punya pasangan, tetap harus dilakukan. Hal ini disampaikan oleh Financial Planner dari AAM Associate, Bareyn Mochaddin yang dikutip dari portal berita nasional, beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya jika kamu punya tujuan untuk menikah, meskipun belum punya pasangan ya tetap harus mempersiapkan biayanya. Lebih cepat lebih baik. Tapi jika kamu masih single dan belum tahu kapan menikah, kamu bisa mengumpulkan dana darurat dulu. Siapa tahu kamu tiba-tiba dilamar dan menikah dalam jarak waktu yang dekat. Salah satu kegunaan dana darurat untuk yang single adalah untuk biaya pernikahan dengan keputusan kurang dari satu tahun.” tutur Bareyn

Tips Menabung untuk Jomblo Dimulai dari Dana Darurat

Dana darurat menjadi salah satu pos keuangan yang sebaiknya dimiliki setiap orang. Kegunaannya adalah untuk mencukupi kebutuhan yang di luar dugaan, seperti sakit, di-PHK perusahaan, hingga menikah tiba-tiba.

Yap betul. Dana darurat bisa digunakan untuk biaya menikah tiba-tiba. Siapa tahu suatu hari kamu bertemu dengan seseorang yang membuatmu jatuh hati. Kenalan, cocok, lanjut hubungan serius, menikah. Hanya hitungan bulan misalnya. Nah, dana darurat ini bisa dimanfaatkan untuk biaya menikah.

Tentukan Perencanaan Biaya

tips menabung untuk jomblo

Misalnya ada seseorang yang masih berusia 20 tahun dan belum punya pasangan tapi sudah memiliki tujuan menikah. Dia memiliki target menikah di usia 27 tahun. Pernikahan yang ia impikan, misalnya memiliki biaya Rp 100 juta. Dia tidak bisa menabung untuk Rp 100 juta itu sekarang, karena akan ada peningkatan biaya pernikahan saat ia berusia 27 tahun.

Misalnya inflasi 10%. Selama tujuh tahun, biaya pernikahan itu akan meningkat jadi Rp 194 juta. Berarti dia harus melakukan perencanaan keuangan untuk mendapatkan uang Rp 197 juta dalam tujuh tahun. Jika menabung secara konvensional, sulit untuk tercapai. Menabung memang tidak disarankan untuk tujuan keuangan jangka panjang.

Untuk itu, jika target menikah masih lama, sesorang yang ‘jomblo’ bisa memilih produk keuangan dengan risiko yang lebih besar seperti membeli saham. Namun, jika takut tiba-tiba menikah dalam waktu dekat, bisa kumpulkan dana darurat terlebih dahulu. Memakai dana darurat untuk biaya menikah juga sah-sah saja

Tentukan Anggaran Pernikahan

Kalau kamu masih single, sedari awal punya niat untuk menikah, alangkah baiknya punya gambaran terlebih dahulu tentang anggaran pernikahan. Jika sudah punya pasangan, kebersamaan menentukan anggaran juga diperlukan. Jadi, tiap-tiap pasangan punya gambaran awal tentang besarnya anggaran yang dibutuhkan. Sesuaikan juga dengan kondisi keuanganmu. Penentuan anggaran ini bukan soal nominal pasti, tapi lebih pada gambaran kisaran biaya.

Tetapkan Prioritas

Tips berikutnya yaitu dengan menetapkan prioritas. Keuntungan karena masih berstatus single, kamu bisa tanamkan komitmen yang kuat pada diri sendiri untuk rajin menabung. Berbeda jika kamu sudah punya pasangan, komitmen bersama berawal dari kesadaran berdua.

Buka Tabungan Khusus

tips menabung untuk jomblo

Ketika budget dan tanggal perkiraan menikah sudah ada dalam rencanamu, mulailah menabung. Untuk memastikan tabungan pernikahanmu benar-benar digunakan untuk rayakan hari bahagiamu, mungkin membuat tabungan khusus bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membuka satu akun yang didedikasikan untuk menyimpan tabungan pernikahanmu.

Selain membuat proses persiapan terasa lebih menyenangkan, langkah ini memudahkanmu untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.

Kini, sejumlah vendor pernikahan juga membuka layanan tabungan pernikahan. Itu cukup meringankan bagi pasangan yang akan menikah. Tapi ingat ya, cari vendor pernikahan yang terpercaya dan punya rekam jejak yang bagus. Pastikan uangmu aman di vendor tersebut.

Baca juga: Ketentuan Menabung untuk Biaya Pernikahan di Aini Oemah Manten Tegal

Tentukan Nominal Tabunganmu

Rutinlah menabung. Mungkin satu bulan sekali, seminggu atau dua minggu sekali, kamu rutin menyisihkan uangmu untuk masuk ke tabungan pernikahan yang sudah kamu persiapkan. Seberapa sering kamu menabung, pastikan semua kebutuhanmu yang lain sudah terpenuhi.

Jangan Sampai Berhutang

Tips berikutnya yaitu pastikan uang yang kamu gunakan untuk resepsi pernikahan bukan hasil dari berhutang. Kenapa? banyak risiko yang ditimbulkan oleh hutang seperti bunga yang terlalu tinggi maupun faktor lainnya. Karena itu, lebih baik jangan sampai kehidupan rumah tanggamu diawali dengan hasil dari uang pinjaman. Agar tidak sampai meminjam uang untuk biaya pernikahan, sebaiknya untuk membuat acara yang sederhana saja. Tidak perlu gengsi karena kehidupanmu setelah pesta pernikahan jauh lebih penting.

Itulah beberapa tips menabung untuk jomblo yang bisa kamu ikuti. Setelah mengetahui manfaat beserta tipsnya, semoga bisa membuatmu semakin semangat menabung untuk biaya pernikahan. Jika sudah siap, kamu juga bisa berkonsultasi tentang tabungan pernikahan dengan tim kami, ya..!

Selamat menabung!

baca juga

Momen Penting Hidup yang Bisa Diraih dengan Menabung

Tips Melamar Gadis Pujaan Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami