brown wooden shelf with assorted ornaments
Inspirasi

Tips Memilih Suvenir Pernikahan yang Berkesan

Meski sebenarnya bukan hal yang wajib ada dalam pernikahan, tanpa suvenir kadang momen indah pernikahan terasa ada yang kurang.

Menentukan suvenir pernikahan atau tanda mata untuk kenang-kenangan tamu undangan bisa dibilang gampang-gampang-susah. Banyaknya jenis suvenir yang disediakan para vendor kerap membuat pasangan calon pengantin bingung. Apalagi jika budget untuk suvenir cukup terbatas karena sudah dialokasikan untuk pos anggaran lain.

Nah, berikut ini kami rangkum tips memilih suvenir pernikahan yang berkesan untuk para tamu undangan. Keep reading, ya!

Sesuaikan budget

Yang pertama, kita tentu harus menyesuaikan dengan budget. Misalnya anggaran kita Rp 3.000,- per suvenir. Jika tamu yang kita undang ada 300 orang, maka anggaran total sebesar Rp 900 ribu. Kita perlu mencari suvenir yang harga satuannya tidak lebih dari Rp.3000,-. Di sejumlah marketplace maupun e-commerce, banyak dijual suvenir dengan anggaran kurang dari Rp 3.000. Seperti masker satuan, sendok-garpu warna-warni, dll.

Selaraskan dengan Latar Belakang kita

Menyesuaikan suvenir sesuai dengan latar belakang bisa menjadi sarana ekspresi diri. Misalnya calon pengantin merupakan pekerja fotografi, suvenir bisa berupa bingkai foto mungil, atau pun miniaturnya. Jika seorang pengajar, bisa memberikan suvenir berupa alat tulis maupun buku kecil. Jika latar belakang kita tenaga medis, bisa memberikan suvenir berupa masker, handsanitizer, dan sejenisnya.

Pertimbangkan Segi Kemanfaatan

Sebagian suvenir biasanya hanya tergeletak tak berguna ketika tamu undangan sampai di rumah masing-masing. Pertimbangan segi kemanfaatan seharusnya menjadi prioritas kita agar suvenir tidak menjadi sampah. Misalnya peralatan mandi seperti handuk, sabun organik, pasta gigi.

Suvenir lain seperti pouch, tas kecil, bibit tanaman, konektor masker, kipas tangan, juga biasanya bisa dimanfaatkan oleh para tamu saat sudah kembali ke rumah.

https://oemahmanten.id/8-vendor-yang-wajib-ada-dalam-pernikahanmu/

Jangan lupakan momen kita

Suvenir adalah kenang-kenangan bahwa tamu undangan menghadiri pesta pernikahan kita. Jadi, di suvenir tersebut sebaiknya terdapat semacam pengingat pernikahan kita. Bisa inisial nama, tempat, atau tanggal pernikahan yang ditulis atau dicetak.

Jika tidak memungkinkan memberikan nama atau inisial, atau identitas pengingat lain di bagian suvenir, sebisa mungkin kita menggunakan cara lain agar momen pernikahan kita bisa dikenang. Misalnya dengan potongan kertas yang ditempel atau diikatkan dengan benang kecil.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× chat kami